Analisis SIG untuk kesesuaian lahan tambak udang dengan memanfaatkan Analytical Hierachy Process (AHP) pada data spatsial dan pengambilan sampel kualitas air (studi kasus: Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul

No image available for this title
Kecamatan Srandakan, Kabupaten BAntul merupakan daerah pesisir yang sudah memulai berusaha dalam sektor budidaya tambak udang. Untuk mempertahankan tingkat produksi dan memastikan pengembangan usaha budidaya tambak yang lebih baik, maka data informasi tentang kesesuaian lahan tambak sangatlah diperlukan. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat digunakan untuk memetakan zona kesesuaian lahan tambak dari beberapa parameter spasial yang dikaji dalam penelitian ini.
Parameter yang digunakan dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi parameter non fisik dan fisik. Parameter non fisik menggunakan metode survei secara langsung untuk mendapatkan data kualitas air, seperti suhu, salinitas, keasaman/pH. Parameter fisik berupa data geografis, seperti jarak ke pantai, jarak ke sungai, kelerengan, dan jenis tanah tidak dilakukan survei secara langsung dalam pengambilan data. Penelitian ini dilakukan dengan metode pembobotan/scoring berbasis SIG, pembobotan yang digunakan berdasarkan kesesuaian lahan, masing-masing parameter diberikan bobot dan skor yang nantinya dibagi menjadi beberapa kelas. Pemberian bobot didapatkan menggunakan metode AHP (Analytical Hierachy Process) dengan melakukan survei kuisioner kepada pihak yang berkompeten pada bidangnya. Pemberi skor berdasarkan sumber referensi dari Bakosurtanal tahun 2010 yang diberikan pada setiap kriteria.
HAsil peta kesesuaian lahan tambak udang di Kecamatan Srandakan yang dikelola perorangan didominasi dengan katagori cukup sesuai (S2) dengan luas sebesar 16,694 ha atau 95% dari keseluruhan tambak udang yang ada. Tambak udang yang berada pada kategori sesuai bersyarat (S3) memiliki luas sebesar 0.906 ha atau 5%. Sedangkan untuk kategori sangat sesuai (S1) dan tidak sesuuai (N) tidak ada. Untuk tambak udang yang dikelola oleh PT semuanya masuk dalam kategori cukup sesuai (S2) yang memiliki luas sebesar 7,746 ha.
Ketersediaan
B20200227040910.285 MUS aPerpustakaan BIG (900)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

910.285 MUS a

Penerbit

Institut Teknologi Nasional Malang : Malang.,

Deskripsi Fisik

xiii, 74 hlm. : illus. ; 29 cm.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

910.285

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

other

Tipe Pembawa

unspecified

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :