Image of Kebijakan satu peta: untuk pembangunan Indonesia

Electronic Resource

Kebijakan satu peta: untuk pembangunan Indonesia



Kebijakan satu peta adalah arahan strategis dalam mewujudkan Satu Peta yang mengacu pada satu referensi geospasial, stau standar, satu basisdata, dan satu geoportal. Satu Peta adalah peta tematik tunggal dengan tema tertentu yang disusun oleh walidata Informasi Geospasial Tematik (IGT) dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/P) yang dapat dimanfaatkan bersama (one map for all). proses penyusunan Satu Peta mencakup kegiatan kompilasi, integrasi, dan sinkronisasi IGT. Kebijakan Satu Peta ini pada hakikatnya bertujuan untuk berbagi data Informassi Geospasial (IG) antar pemangku kepentingan melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) untuk mendukung perencanaan pembangunan nasional.
Pelaksanaan Perpres KSp telah berhasil mengintegrasikan 84 dari 85 tema IGT (99%) yang bersumber dari 19 K/L & 34 Provinsi dan telah diunggah ke dalam Geoportal KSP (bagiandari JIGN) untuk diberbagikan antar K/L/P. Sekretariat Tim Percepatan KSP dari Kementerian KoordinatorBidang Perekonomian dan Badan Informasi Geospasial (BIG) telah selesai memetakan Peta Indikasi Tumpang-Tindinh IGT (PITTI) di seluruh wilayah Indonesia. Peta PITTI ini sedang digunakan untuk penyelesaian tumpang tindih penggunaan lahan melalui proses sinkronisasi antar IGT status sektor kehutanan, pertanahan, pertambangan dan tata ruang.
Pepres KSP tidak dapat dipisahkan dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) karena produk KSP berupa Satu Peta merupakan bagian dari target tujuan pelaksanaan Perpres SDI yang terkait dengan data geospasial.


Ketersediaan

BK.20200211012Buku.Karya 2020/390.2 NUR kPerpustakaan BIG (2020)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Buku.Karya 2020/390.2 NUR k
Penerbit Badan Infomasi Geospasial : Cibinong.,
Deskripsi Fisik
xxiii, 196 hlm. : illus. ; 26,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910.285
Tipe Isi
-
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this